Kamis, 24 September 2009

"Tari Pendet"


Tari pendet adalah tarian umat hindu yang berada di daerah bali. Yang asal mulanya di populerkan oleh Koreografer/Pencipta yaitu Wayan Rindi (wafat1967), arti dari Tarian Pendet ini yaitu “Ucapan Selamat Datang” kepada dewata yang turun ke bumi atau alam dunia. Sebelumnya tarian ini belum ada namanya, dengan seiringnya waktu berjalan tarian ini diberi nama yaitu tarian pendet.
Tarian ini adalah tarian pemujaan dewata untuk upacara agama. Tarian ini dapat ditarikan oleh siapa saja baik pemuda atau pria, gadis, maupun tua atau muda.
Tarian ini jarang di ikuti oleh penerus kita yang muda-muda dan jarang dilakukan di banjar-banjar. Para penerus tarian ini hanya bisa mengikuti dari yang lebih senior. Dan senior hanya memberikan contoh yang baik dan benar.
Untuk masa sekarang ini generasi muda kita sangat lupa dan tidak mempedulikannya budaya yang telah kita miliki pada tempo dulu. Oleh karena itu mungkin malaysia menganggap ini semua kalau bangsa kita itu malu akan cerminan budaya kita yang dulu sangat kolot. Untuk itu malaysia mengklaimnya sebagai tarian mereka.
Malaysia telah banyak mengklaim budaya-budaya kita yaitu dari mulai : batik, angklung, hombo batu, dan Tarian folaya.
Mengapa malaysia mengklaim ini semua karena malaysia beranggapan dari tarian pendet ini, bisa menjadi senjata terbaik untuk diplomasi internasional. Kerena malaysia kurang akan kebudayaannya, maka dari itu malaysia melihat kebudayaan kita dengan melihat pemerintah kita yang sibuk akan program-program lainnya dan tidak memperhatikan akan budaya kita yang kaya ini.
Untuk lain waktu di depannya nanti kita harus memperhatikan kebudayaan dan lagu daerah yang kita miliki, jangan sampai lagu-lagu sekarang kita hafal dan lagu daerah sudah tidak hafal lagi. Ini semua jangan sampai terulang lagi oleh kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar